Langsung ke konten utama

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Merger, Divestitures, Holding Companies, and LBOs

Daftar Pertanyaan: 
  1. Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum suatu merger dilakukan? Apakah memungkinkan apabila merger dilakukan malah menghasilkan perusahaan yang nilainya lebih kecil daripada sebelum merger?
  2. Apakah ada biaya lain selain biaya konsultan dan biaya koordinasi yang dikeluarkan untuk melakukan merger?
  3. Terdapat beberapa kelemahan dari merger mengenai biaya seperti mahalnya biaya konsultan dan biaya koordinasi. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisirkan kelemahan merger dari segi cost atau biaya? 
  4. Pada tahun 2008 terjadi merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo menjadi bank CIMB Niaga, menurut kalian apakah motif dari merger tersebut? Dan sebutkan alasannya.
  5. Terdapat 3 metode dalam merger mana yang terbaik dari 3 tersebut? 
  6. Terdapat beberapa jenis merger salah satunya disebtkan yaitu konglomeret, nah apa alasan perusahaan melakukan jenis merger tersebut, dan apakah alasan tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis merger lain?
  7. Pada tabel kelebihan melakukan divestiture dikatakan bahwa "bisa membuat yang sedang tumbuh menjadi go internasional", apa yang menjadi tolak ukur bahwa sebuah perusahaan setelah melakukan divestiture bisa berkembang menjadi perusahaan yang go internasional? 
  8. Apa dampak yang akan terjadi pada suatu perusahaan jika mereka melakukan divestasi, apa dampak jangka panjang dan jangka pendek yang akan terjadi?
  9. Seperti yang kita tahu divestiture adalah langkah perusahaan dalam hal melepaskan salah satu unit bisnis dengan menjual, menutup, atau declare bankruptcy. Setelah dijual, bagaimana unit bisnis yang dilepaskan itu menjalankan aktivitasnya?
  10. Ketika sebuah perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan dan sudah berada di ujung tanduk (mendekati kebangkrutan) dan ada peluang untuk menyelamatkan perusahaan tersebut dengan 2 pilihan yaitu melakukan merger atau divestasi, pilihan mana yang lebih baik dilakukan oleh perusahaan tersebut?


Tanya jawab Epistemanedu | Pixabay

Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum suatu merger dilakukan? Apakah memungkinkan apabila merger dilakukan malah menghasilkan perusahaan yang nilainya lebih kecil daripada sebelum merger?


jawab:

Yang harus diperhatikan sebelum merger ialah memilih kandidat terbaik untuk merger. Lihat perusahaan tersebut dari sisi strategis, apakah cocok dengan perusahaan anda.  Apabila perusahaan tersebut memiliki sesuatu yang anda inginkan  dan tidak dapat ditemukan di tempat lain, misalnya terkait kualitas produk atau saluran distribusi yang unik, anda bisa mempertimbangkannya. Sebelum memutuskan untuk melakukan merger, ada baiknya pebisnis mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut. 

  • Mengetahui nilai bisnis perusahaan yang ditargetkan.
  • Pilih perusahaan yang tepat untuk diakuisisi. 
  • Gunakan jasa profesional yang kompeten yakni pihak ketiga, seperti pengacara, akuntan, broker bisnis. 
  • Ajukan pertanyaan sulit dan kenali perusahaan lain di semua level. 


Apabila sudah yakin untuk melakukan merger, anda harus segera mengevaluasi bisnis perusahaan tersebut. Kemudian merancang bisnis yang baru dengan perusahaan yang telah diakuisisi. 

Upaya merger tidak selalu akan berhasil. Ada beberapa penghalang utama dalam mencapai hasil dari merger yang diharapkan, yaitu:

  1. Ketidakmampuan mempertahankan kinerja keuangan
  2. Menurunnya produktivitas
  3. Perbedaan budaya antar-organisasi yang terlibat merger 
  4. Hilang/mundurnya para karyawan andalan 
  5. Persaingan atau pertentangan gaya/ego antar-anggota manajemen
  6. Ketidakmampuan melakukan manajemen perubahan
  7. Lemahnya komunikasi dan ketidakjelasan tujuan merger atau sinergi.


Dari beberapa sumber yang saya baca terdapat beberapa perusahaan yang gagal dalam mengapai tujuan merger salah satunya ialah yang terjadi pada perusahaan otomotif Daimler dan Chrysler yang mengakhiri merger mereka. Oleh sebab itu sebelum melakukan merger ada baiknya mengkaji ulang perusahaan kandidat dengan teliti, agar kejadian ini dapat diminimumkan dan merger lebih mungkin untuk berhasil manakala perusahaan mengevaluasi secara eksplisit sinergi yang diharapkan dari merger.


Apakah ada biaya lain selain biaya konsultan dan biaya koordinasi yang dikeluarkan untuk melakukan merger?

jawab.

Selain biaya konsultan dan biaya koordinasi, ada beberapa biaya lain yang dikeluarkan untuk melakukan merger yaitu biaya makelar (finder's fees), biaya advis, biaya hukum, biaya akutansi, biaya penilaian, biaya administrasi umum, dan biaya pendaftaran serta penerbitan efek utang dan efek ekuitas.


Terdapat beberapa kelemahan dari merger mengenai biaya seperti mahalnya biaya konsultan dan biaya koordinasi. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisirkan kelemahan merger dari segi cost atau biaya? 


jawab.

Menurut pendapat saya dengan teman yang lain Untuk mengatasi kelemahan merger dari segi biaya Dengan menggunakan pendapatan dari perusahaan kedua, kita akan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dari jumlah harga untuk perusahaan kedua. Dengan mengubah kedua perusahaan, kita akan mendapatkan biaya yang lebih rendah daripada jika kedua perusahaan menggunakan sepenuhnya.

Dengan perincian kedua perusahaan tersebut, kita akan mendapatkan modal keseluruhan yang lebih murah. Nilai biaya yang lebih rendah harga kontributor terbesar dari nilai sinergi. Banyak merger dibutuhkan oleh kebutuhan untuk memangkas biaya. Dengan Penghematan biaya juga bisa mengatasinya karena sering kali dikeluarkan dari biaya layanan yang berlebihan, seperti sumber daya manusia, akuntansi, teknologi informasi, dan lain-lain. 

Dengan catatan untuk perusahaan yang berskala besar tidak ada salanya biaya konsultan dan koordinasi yang mahal karena konsultan dengan tarif mahal mungkin akan lebih menjamin dari segi tanggung jawab atau lebih profesional. Intinya sesuaikan anggaran perusahaan ketika memilih lembaga konsultan.

Dan Sebaiknya pilih konsultan manajemen usaha yang menawarkan harga yang masuk akal misalnya sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Bila ingin mendapat konsultan yang pasti berkompeten memang harus disediakan lebih banyak dana. Namun jika dana yang tersedia terbatas, konsultan bertarif agak rendah bisa menjadi pilihan. Sebenarnya sudah ada acuan penentuan harga konsultasi yang ditetapkan oleh Asosiasi Konsultan Indonesia. Jadi ketika ada yang menawarkan harga yang lebih murah, bisa jadi tenaga yang disediakan masih belum bagus kualitasnya.


Pada tahun 2008 terjadi merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo menjadi bank CIMB Niaga, menurut kalian apakah motif dari merger tersebut? Dan sebutkan alasannya.


jawab:

Merger Niaga Dan Lippo merupakan dampak dari diterapkannya aturan kepemilikan tunggal (single presence policy / SPP ) yang ditetapkan Bank Indonesia. Ketentuan SPP mewajibkan kepemilikan tunggal bagi pemegang saham pengendali dilebih dari satu Bank. Oleh karena itu, Khazanah Berhad asal Malaysia selaku pemilik saham Bank CIMB Niaga dan Lippo Bank memutuskan untuk merger. 

Disamping itu, bank hasil merger juga akan lebih cepat memenuhi syarat Arsitektur Perbankan Indonesia (API) untuk menjadi bank berskala nasional yang mensyaratkan modal minimal sebesar 10 triliun. Merger itu juga akan melahirkan sinergi positif. Lippo yang dikenal cukup kuat diusaha kecil menengah (UKM) dan system pembayaran (Payment back), diyakini akan bisa menopang bisnis Niaga sebagai pemain kuat disegmen korporat dan kredit perumahan. Kondisi yang ada adalah penetrasi kredit Lippo masih amat rendah. Itu terbukti dari Loan to deposit ratio (LDR) yang hanya sekitar 50,7 %. Sedangkan di Niaga sekitar 95 % dana masyarakat mengalir dalam bentuk kredit.



Terdapat 3 metode dalam merger mana yang terbaik dari 3 tersebut? 


jawab:

Dari ketiga metode pendekatan yang ada kita dapat mengetahui tujuan dari masing-masing penelitian/valuasi. 

Sehingga metode yang dipergunakan tergantung pada kondisi yang kita hadapi. Ada beberapa pendekatan yang berbeda, sehingga memungkinkan nanti perusahaan tidak hanya mempergunakan satu metode. Metode terbaik dalam penilaian adalah metode dengan nilai penilaian yang diterima oleh penjual dan pembeli. Apapun metode yang diterapkan, keputusan merger dan atau akuisisi tersebut seharusnya dapat dilakukan dengan hati-hati serta dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Secara tidak langsung dampak penggunaan dari ketiga pendekatan akan meningkatkan indikator kinerja keuangan seperti tingkat asset turn over, Fixed asset turn over, ROI/ROE dari perusahaan pengakuisisi.

Disamping itu metode mana yg baik diterapkan juga tergantung dari keputusan manajemen itu sendiri, yang penting dari ketiga metode tersebut harus dipilih mana yang memiliki tingkat obyektifitas yang tinggi sehingga dapat dihasilkan suatu nilai perusahaan yang wajar, dan menghasilan range nilai yang memerlukan negosiasi antara  perusahaan pengakuisisi dan yang diakuisisi.


Terdapat beberapa jenis merger salah satunya disebtkan yaitu konglomeret, nah apa alasan perusahaan melakukan jenis merger tersebut, dan apakah alasan tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis merger lain?


 jawab:

Perlu diketahui proses merger konglomerat  menggabungkan beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang tidak ada kaitanya satu sama lainnya. Misalnya perusahaan perusahaan makanan merger dengan perusahaan mobil. Alasan perusahaan menggunakan merger konglomerat adalah adalah untuk meningkatkan pertumbuhan badan usaha dengan cara saling bertukar saham antara perusahaan yang dileburkan. Jadi menurut kami tidak bisa menggunakan jenis merger yang lain karena merger ini menggabungkan dua usaha yang berbeda agar usaha yang dilakukan dapat tumbuh lebih cepat dan mendapat hasil yang lebih baik.



Pada tabel kelebihan melakukan divestiture dikatakan bahwa "bisa membuat yang sedang tumbuh menjadi go internasional", apa yang menjadi tolak ukur bahwa sebuah perusahaan setelah melakukan divestiture bisa berkembang menjadi perusahaan yang go internasional? 


jawab :

Yang menjadi tolak ukur perusahaan bisa berkembang menjadi perusahan go internasional menurut saya adalah meningkatkan kinerja ekspor dan berekspansi secara luas di dunia internasional. Salah satu indikatornya kinerja perusahaan yang meningkat, dapat dilihat dari jumlah kontribusi ekspor dari perusahaan yang bersangkutan. Agar bisnis bisa berkembang ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh perusahann yaitu: melakukan pengukuran kinerja setiap tahun, perkembangan bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis secara keseluruhan. Mulai dari unit manajemen , produksi, keuangan, hingga pemasaran dan membentuk tim kerja yang baik, dibalik bisnis yang sukses, terdapat pelaku bisnis yang sukses juga. Para pelaku bisnis tidak hanya manajer atau CEO, tapi juga para karyawan. 


Apa dampak yang akan terjadi pada suatu perusahaan jika mereka melakukan divestasi, apa dampak jangka panjang dan jangka pendek yang akan terjadi?


jawab :

Jika suatu perusahaan melakukan divestasi maka dampak yang akan diterima perusahaan tersebut yaitu:

1.Perusahaan Menerima Kas Hasil Divestasi (Dampak Jangka Pendek)

Sejumah uang tentu akan diterima oleh perusahaan yang melakukan divestasi aset. Uang hasil dari penjualan aset tersebut kemudian akan dibukukan ke dalam Laporan Keuangan, di mana dalam Laporan Laba Rugi, penjualan aset biasanya masuk ke dalam pos Penjualan Lainnya (Other Income), sehingga akan meningkatkan Laba Bersih. Demikian pula, Arus Kas dari Kegiatan Investasi menjadi positif dengan masuknya Kas dari hasil divestasi.


2.Rebalancing Pada Neraca Keuangan

Ketika perusahaan melakukan divestasi lini bisnis usaha, perusahaan juga akan “menyerahkan” sejumlah nilai aset kepada perusahaan yang membeli lini bisnis usahanya tersebut, sehingga aset akan berkurang. Namun di sisi lain, utang yang dibawa perusahaan juga akan “diserahkan” kepada perusahaan yang melakukan take over, kecuali dinyatakan berbeda dalam kontrak antara kedua belah pihak.


3.Perusahaan Kehilangan Potensi Pendapatan (Dampak Jangka Panjang)

Dampak jangka panjang yang akan dialami perusahaan adalah hilangnya potensi pendapatan di masa depan setelah divestasi, walaupun perusahaan sudah menerima sejumlah uang atas penjualan dan utang perusahaan menjadi berkurang.



Seperti yang kita tahu divestiture adalah langkah perusahaan dalam hal melepaskan salah satu unit bisnis dengan menjual, menutup, atau declare bankruptcy. Setelah dijual, bagaimana unit bisnis yang dilepaskan itu menjalankan aktivitasnya?


jawab.

Unit bisnis yang dilepaskan atau dijual  daspat melakukan aktivitasnya dengan bebas untuk kepentingan mereka sendiri (yang bisa berbeda dengan induk perusahaan). Tergantung kepada siapa unit bisnis tersebut dilepas yang bisa saja menimbulkan keuntungan ataupun kerugian. Menimbulkan keuntungan karena menambah penghasilan perusahaan induk dengan melepas unit bisnisnya dan bisa juga menimbulkan kerugian dikarenakan menjual unit bisnis tersebut kepada kompetitornya.



Ketika sebuah perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan dan sudah berada di ujung tanduk (mendekati kebangkrutan) dan ada peluang untuk menyelamatkan perusahaan tersebut dengan 2 pilihan yaitu melakukan merger atau divestasi, pilihan mana yang lebih baik dilakukan oleh perusahaan tersebut?


jawab:

Menurut kami, jika perusahaan hampir mengalami kebangkrutan maka pilihan yang lebih baik untuk diambil adalah melakukan divestasi. Karena jika melakukan merger sulit bagi perusahaan untuk menemukan perusahaan lain yang mau bekerjasama atau melakukan merger, selain itu terdapat biaya konsultan dan biaya koordinasi yang sangat mahal sehingga akan semakin menyulitkan perusahaan. Sedangkan jika memilih melakukan divestasi, perusahaan akan menjual aset atau usaha yang tidak berkaitan atau tidak begitu penting sehingga akan mendapatkan keuntungan besar dari hasil penjualan aset tersebut, selain itu juga aset yang dijual akan cepat likuidasi sehingga bisa membantu perusahaan yang akan mengalami kebangkrutan.

Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai Kompensasi, Balance ScoreCard dan Penilaian Kinerja Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar pertanyaan Bagaimana menyusun penilaian kinerja dalam bsc, siapa saja pihak terlibat, bagaimana mekanismenya? Apa itu improshare dan apakah ada rumus dasarnya ? Bagaimana melakukan penilaian kinerja terkait internal perspective pada saat pendemi covid-19 seperti ini? apakah ada alternatif lain pengganti kompensasi yang bisa digunakan jika suatu organisasi tidak cocok dalam menerapkan sistem kompensasi? Bagaimana contoh dari penerapan jenis imbal jasa intrinsic reward? Apa faktor penilaian tinggi rendahnya kompensasi dalam perusahaan yang belum go public ? Di dalam balanced scored card terdapat perspektif keuangan yang tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan para pemegang saham, tetapi pada kenyataannya manajer juga mempunyai kepentingan untuk dirinya seperti mempertahankan jabatan atau menaikkan tingkat gaji. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisir konflik tersebut di dalam perusahaan ? Apakah adanya kompensasi akan meningkatkan kinerja perusahaan?

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen Pasar Modal | Pixabay Daftar pertanyaan: 1.       Kita ketahui bahwa dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang memilik pengaruh yang sangat besar terutama di perekonomian karena dapat dilihat bahwa fakta dilapangan bahwa banyaknya Perusahaan “Merumahkan” pegawainya yang tentunya di lakukan untuk memangkas biaya agar perusahaan tetap jalan di kondisi seperti ini, dilihat dari situasi menurut anda bagaimana perusahaan menanggapinya dalam hal kebijakan dividen? Apakah menahannya sebagai investasi? Atau tetap membagikan dividen bagaimana perusahaan menyikapinya? namun kita ketahui bahwa kegiatan operasional juga terganggu yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. 2.       Diantara stock dividen dan stock split mana yg lebih menguntungkan perusahaan? 3.       Faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan kebijakan dividen? 4.       Jika perusahaan t er s e b ut menghasilkan laba yang sangat besar, namun di

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Strategik Produk Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Apa saja masing-masing kekurangan  dari cost best pricing dan target costing dan adakah cara menangani kekurangannya? Apakah target biaya akan membatasi desain produksi perusahaan? Bagaimana mengatasinya? Menurut pendapat kalian kebijakan atau cara apa yang harus dilakukan perusahaan  untuk menurunkan biaya produksi tanpa mengurangi nilai dari produk sesuai dengan penerapan rekayasa nilai dijelaskan kelompok kalian tadi, sehingga tidak mengurangi besarnya jumlah pelanggan yg membeli produk tersebut. Proses penggunaan Target costing di awali dengan penentuan harga jual yang berlaku dipasar, lalu bagaimana jika perusahaan memproduksi barang differential dan sulit di tentukan harga jualnya?  Apakah target costing masih dapat digunakan? ada dua cara dalam menurunkan biaya hingga ke tingkat biaya yang dikehendaki,dari kedua cara tersebut cara mana yg paling efektif untum mempercepat penurunan biaya? apakah teori kendala dinilai efektif utk pengambilan keputusa

Pertanyaan Mengenai Pendanaan Jangka Panjang (long term debt) Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan: Apabila sebuah perusahaan baru masuk lantai bursa saham dan ingin menerbitkan saham baru. Jasa lembaga penjamin apa saja yang dapat menjamin bahwa saham tersebut ternyata laku terjual semua di pasar dan bagaimana jika saham tersebut ternyata tidak laku di pasar? Apa tindakan yang dilakukan perusahaan penjamin? Jelaskan manfaat dari warrant dan adakah resiko dari warrant tersebut ! Menurut kamu jika memiliki sebuah perusahaan lebih baik menerbitkan saham preferen atau saham biasa? Adakah hubungan antara Time value of money dengan long term debt? Jika ada jelaskan apa hubungannya? Kemudian jika perusahaan mengalami kebangkrutan, hutang mana yang didahulukan untuk dilunasi, hutang jangka panjang atau hutang jangka pendek? Dari semua jenis pendanaan jangka panjang, pendanaan jangka panjang manakah yang paling baik bagi seorang investor dalam artian paling memberikan manfaat dan paling kecil risikonya? Berikut dengan penjelasan mengenai alasan memilih jenis pe

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Strategik - Pelanggan Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelanggan saat perekonomian sedang menurun sehingga sulit untuk mendapatkan profit?  Bagaimana cara menanganinya? Sebutkan dan jelaskan contoh penerapan CLV di Indonesia. Apa hubungan customer profitability analysis dan customer lifetime value dengan akuntansi manajemen?  Jenis perusahaan seperti apa yang banyak menggunakan metode CLV dan apa saja kelebihan yang dimiliki metode CLV dibandingkan metode lainnya?  Dari 4 cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas, manakah cara yang paling efektif? Apakah bisa dua cara atau lebih dilakukan bersamaan oleh perusahaan untuk meningkatkan profitabilitasnya?  Apa perbedaan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan metode ABC dan dengan CLV?  Dalam analisis terhadap pelanggan dengan menggunakan Costumer lifetime value (clv), kriteria apa saja yang harus ada supaya bisa berjalan baik. Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelang

Contoh Soal SKPD dan PPKD Lengkap Dengan Jawabannya

AKUNTANSI  PEMERINTAH KOTA SYAWAL Pemerintah Kota “Syawal” memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni SKPD “A”. Berikut adalah Neraca Awal dari SKPD “A”. Neraca awal SKPD A Selama bulan Januari 2016 terdapat transaksi-transaksi di SKPD “A” sebagai berikut:  Pada tanggal 1 Januari 2016 untuk SKPD “A” ditetapkan bahwa  Estimasi Pendapatan adalah sebesar Rp 65.000.000,-  Apropriasi Belanja dianggarkan adalah sebesar Rp 80.000.000,- Tanggal 2 Januari 2016, Bendahara Umum Daerah (BUD) menerbitkan Surat  Perintah Pencairan Dana - Langsung (SP2D-LS) Gaji sebesar Rp 70.000.000,- dengan rincian sebagai berikut : a. Gaji Pokok Rp 45.000.000,- b. Tunjangan Keluarga Rp 15.000.000,- c. Tunjangan Jabatan Rp 10.000.000,- Tanggal 3 Januari 2016 Bendahara Pengeluaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran -Uang Persediaan (SPP-UP) sebesar Rp 10.000.000,- kepada Pengguna Anggaran (PA) melalui Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK-SKPD). Pada hari y

Pengertian Harga Transfer, Tujuan, Metode, Penetapan Harga dan Administrasi Harga Transfer Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan 1. Pengertian harga transfer 2. Tujuan Harga Transfer 3. Metode-metode Harga Transfer Prinsip Dasar Situasi Ideal Hambatan-hambatan dalam perolehan sumber daya 4. Penetapan Harga Jasa Korporat Pengendalian atas jumlah jasa Pilihan Penggunaan Jasa 5. Administrasi harga transfer Negosiasi Arbitrase dan penyelesaian konflik Klasifikasi produk Transfer Pricing | Pixabay Pengertian harga transfer   Menurut Tsurumi dan Gunadi (1997) , dalam suatu grup perusahaan, transfer pricing merupakan harga yang diperhitungkan untuk pengendalian manajemen (management control) atas transfer barang dan jasa dalam satu grup perusahaan.   Menurut Charles T. Horngren, George Foster dan Srikant Datar dalam akuntansi biaya, harga transfer merupakan harga yang dikenakan oleh satu subunit (segmen, departemen, divisi dan sebagainya) untuk produk atau jasa yang dipasok ke subunit lain dalam organisasi yang sama.   Menurut Ralph Estes dalam ka

Pengertian Leverage By Out (LBO), Kelemahan dan Kelebihan Serta Contoh LBO Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan Pengertian LBO  Kelemahan dan Kelebihan LBO Contoh LBO LBO Contract | Pixabay Pengertian LBO  LBO (Leverage by out) adalah akuisisi/pembelian perusahaan atau divisi bisnis yang teknik pembiayaannya sebagian besar bersumber dari hutang. Namun juga dapat dikombinasikan dengan kas dan saham. Dalam hal ini jika perusahaan pengakuisisian tidak cukup memiliki kas maka pengakuisisian harus mencari sumber dana dari pihak ketiga dalam berhutang. Dengan demikian LBO merupakan pembelian perusahaan secara tunai tetapi sebagian besar diperoleh dari pinjaman atau hutang. Perusahaan yang berstatus LBO, bekerja dalam kondisi yang berat karena harus membayar hutang sesuai dengam jadwal pelunasan secara teoritis perusahaan memiliki risiko kebangkrutan yang tinggi karena proporsi hutang yang dimiliki sedemikian besar dibanding dengan sendiri. Sebaliknya jika LBO berhasil, maka perusahaan yang berstatus LBO ini akan dapat mengembalikan hutang-hutangnya sekaligu

Pertanyaan Mengenai Strategy MAP dan Balance ScoreCard Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi perusahaan dan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Apakah ada faktor lain selain pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan? Jika ada, tolong jelaskan! Apa saja kekurangan dan kelebihan pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard bagi perusaan? balance scorecard terkait perspektif bisnis internal mengenai proses terkait hukum, lingkungan dan sosial. Untuk penilaian terhadap aspek dalam proses tersebut apakah ada kaitannya dengan aspek penilaian laporan keberlanjutan yang ditetapkan oleh Global Reporting Intiative (GRI) ? Alternatif tindakan apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperbaiki struktur biaya ? Jelaskan mengapa Balanced Scorecard sangat penting bagi sebuah perusahaan! Dan jelaskan apa yang dim