Langsung ke konten utama

Pertanyaan Mengenai Sistem Pengendalian Manajemen Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan

  1. Apa yang dimaksud dengan rantai nilai?
  2. Mengapa target sangat penting dalam proses penganggaan?
  3. Apa yang dimaksud dengan insentif positif dan insentif negatif serta sebutkan contohnya?
  4. Bagaimana hubungan antara penganggaran, kinerja dan kompensasi?
  5. Jelaskan definisi pengendalian strategi atas diversifikasi tunggal, diversifikasi berhubungan dan diversifikasi tidak berhubungan?
  6. Sebutkan hal-hal penting dalam evaluasi untuk mengetahui mutu
  7. Bagaimana keterkaitan pajak dengan harga transfer pada organisasi multinasional? 
  8. Apa yang membuat organisasi jasa mempersulit pengendalian?
  9. Jelaskan bagaimana mengelola perbedaan budaya dalam organisasi multitanasional

Wanita Karier | Pixabay

Apa yang dimaksud dengan rantai nilai?

Jawab: 

Analisis rantai nilai merupakan proses dimana aktivitas utama dan aktivitas pendukungnya yang menambah nilai pada produk akhir di identifikasi oleh perusahaan kemudian di analisa aktivitas-aktivitas tersebut untuk mengurangi biaya atau meningkatkan diferensiasi produk. Tujuan dari dilakukannya analisis ini adalah untuk mengenali kegiatan mana yang paling berharga (sumber biaya atau keunggulan diferensiasi) kepada perusahaan dan mana yang dapat ditingkatkan untuk memberikan keunggulan kompetitif.



Mengapa target sangat penting dalam proses penganggaran?


Jawab:

Target sangat penting dalam penganggaran karena salah satu tujuan dari penganggaran adalah menyatakan target/sasaran/harapan perusahaan secara jelas dan formal, sehingga bisa menghindari kerancuan dan memberikan arahan, mengomunikasikan dan mengkoordinasikan tidak hanya pada TOP management tetapi juga kepada pihak-pihak yang terkait. Selain itu penetapan terget dalam penganggaran juga dapat dijadikan sebagai alat pengukur dan pengendalian kinerja, baik individu maupun kelompok dan memberikan evaluasi untuk periode berikutnya. 

Untuk menetapkan anggaran yang baik, biasanya dilakukan satu tahun/periode sebelum periode berjalan. Langkah pertama adalah mengembangkan terget untuk pendapatan penjualan bisnis, biasanya menggunakan laporan keuangan periode lalu, atau jika bisnis baru bisa menggunakan laporan keuangan terbaru, pertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan, baik faktor internal maupun eksternal. Langkah kedua yaitu dengan mengestimasi biaya operasional dan marjin laba kotor, data ini bisa didapatan dari laporan laba rugi perusahaan. Kemudian tahap selanjutnya lakukan evaluasi dan penyesuaian kembali terhadap angka dalam penganggaran. Tahap terakhir yaitu dengan menetapkan terget anggaran bagi  tiap divisi/departemen, menentukan deadline anggaran, serta membuat daftar objective.




Apa yang dimaksud dengan insentif positif dan insentif negatif serta sebutkan contohnya?


Jawab:

Insentif positif merupakan insentif yang memberikan jaminan positif untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. insentif ini pada dasarnya memiliki sikap optimis dan insentif umumnya diberikan untuk memenuhi kebuhan psikologis seseorang. Misalnya promosi, pujian, pengakuan, tunjangan, pinjaman, dll. sedangkan insentif negatif merupakan insentif tujuannya untuk memperbaiki kesalahan atau standar seseorang. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang efektif. Misalnya penurunan pangkat , transfer, denda, hukuman, dll. 



Bagaimana hubungan antara penganggaran, kinerja dan kompensasi?

Jawab:

Hubungan antara penganggaran, kinerja dan kompensasi. Berbicara kinerja tidak lepas dari yang namanya perencanaan strategis. Penganggaran pada umumnya proses penyusunan fokus pada satu tahun, sementara perencanaan strategic fokus pada aktivitas-aktivitas yang mencakup periode beberapa tahun. Perencanaan strategis mendahului penyusunan anggaran dan menyediakan kerangka kerja dalam mana anggaran tahunan dikembangkan. Suatu anggaran, intinya merupakan potongan satu tahun dari rencana strategis organisasi. Kegunaan Anggaran diantaranya Untuk menyesuaikan atau menyelaraskan dengan rencana strategis, Untuk membantu mengoordinasikan aktivitas dari beberapa bagian organisasi. Untuk menugaskan tanggung jawab kepada manajer, untuk mengotorisasi jumlah yang berwenang untuk mereka gunakan, dan untuk menginformasikan kepada mereka mengenai kinerja yang diharapkan dari mereka (penugasaan tanggung jawab). Untuk memperoleh komitmen yang merupakan dasar untuk mengevaluasi kinerja aktual manajer, sebagai bentuk insentif dari evaluasi inilah terdapat kompensasi.



Jelaskan definisi pengendalian strategi atas diversifikasi tunggal, diversifikasi berhubungan dan diversifikasi tidak berhubungan? 


Jawab:

Pengendalian strategi atas diversifikasi tunggal merupakan dimana perusahaan akan berkonsentrasi pada satu usaha saja, perusahaan ini menggunakan kompetensi untuk mengejar pertumbuhan dalam industri, kemudian diversifikasi berhubungan adalah usaha yang memiliki lebih dari satu jenis industri, sinergi operasi terdiri dari kemampuan untuk berbagi sumber umum dan kemampuan untuk berbagi kompetensi inti umum, misalnya tenaga penjualan umum, fasilitas manufaktur umum, dan fungsi pengadaan umum. Selanjutnya yang terakhir diversifikasi tidak berhubungan merupakan  usaha yang tidak terdapat hubungan (tidak saling berkaitan) antara usaha satu dengan usaha yang lainnya, pengendalian ini bertujuan untuk mengurangi risiko karena jika salah satu usaha gagal maka masih bisa bergerak diusaha lainnya, misalnya Trans studio (infotainment) dan Transmart (perdagangan).



Sebutkan hal-hal penting dalam evaluasi untuk mengetahui mutu proyek?


Jawab:

Hal-hal penting dievaluasi untuk mengetahui mutu proyek diantaranya: Sumber informasi formal, revisi dan audit atas proyek.



Bagaimana keterkaitan pajak dengan harga transfer pada organisasi multinasional?


Jawab:

Keterkaitan pajak dengan harga transfer pada organisasi multinasional yaitu pada Penggunaan skema hybrid financing tidak dibenarkan dalam menciptakan mismatch pada perusahaan multinasional, karena hybrid financial instrument seringkali digunakan dalam perencanaan pajak atau untuk tujuan penghindaran pajak (tax avoidance) pada tingkat internasional.

The Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) mendefinisikan hybrid financial instrument sebagai instrumen keuangan yang diklasifikasikan berbeda di antara negara-negara yang terlibat dalam transaksi instrumen tersebut. Hal yang paling menonjol dari transaksi ini adalah apabila utang di satu negara dianggap sebagai modal di negara lainnya. Instrumen keuangan yang dimaksud bisa dalam bentuk dividen maupun bunga.

Untuk lebih jelasnya akan saya berikan contohnya,  Perusahaan yang merupakan subjek pajak dalam negeri di Negara B   didanai oleh perusahaan subjek pajak dalam negeri di Negara A  dengan instrumen yang dianggap sebagai modal di Negara A (berdasarkan ketentuan domestik Negara A), tetapi dianggap sebagai utang di Negara B (berdasarkan ketentuan domestik Negara B). Hasil dari skema hybrid financial instrument ini menciptakan pengurangan di satu negara, lazimnya pengurangan beban bunga, tetapi tidak terdapat penghasilan yang dicatat sebagai penghasilan kena pajak di negara lainnya (deduction or no inclusion). Atas kasus ini dapat dikatakan telah terjadi double non-taxation atas pembayaran dari B  kepada A.

Untuk mencegah terjadinya deduction or no inclusion dari hybrid financial instrument ini, beberapa negara, seperti Denmark dan UK, telah memiliki ketentuan yang dalam kasus-kasus tertentu meniadakan pengurangan atas pembayaran dari hybrid financial instrument dalam hal pembayaran tersebut tidak dikenakan pajak di negara penerima karena adanya ketidaksesuaian dalam perlakuan pembayaran atas hybrid financial instrument. sementara itu di negara Austria, Denmark, Jerman, Itali, Selandia Baru, dan UK. menerapkan peraturan khusus yang meniadakan pembebasan untuk penghasilan yang telah menjadi pengurang di negara lainnya sebagai langkah untuk mencegah terjadinya deduction or no inclusion dari hybrid financial instrument.



Apa yang membuat organisasi jasa mempersulit pengendalian?


Jawab:

Hal-hal yang membuat organisasi jasa yang memper sulit pengendalian diantaranya Perusahaan manufaktur dapat melakukan inspeksi atas produksnya sebelum produk tersebut dikirimkan kepelanggan, serta kualitasnya dapat diukur secara kasat mata. Sedangkan Perusahaan jasa tidak dapat menilai kualitas produk sampai pada saat jasanya diserahkan, dan sering kali penilaian tersebut bersifat subjektif. Penilaian oleh rekan sekerja atau oleh bawahan kadang kala merupakan bagian dari system pengendalian. Selain itu Ekspresi kepuasan atau ketidakpuasan dari klien juga merupakan dasar yang penting untuk menilai kinerja.



Jelaskan bagaimana mengelola perbedaan budaya dalam organisasi multitanasional


Jawab: 

Mengelola perbedaan budaya dalam organisasi multinasional adalah dimulai dari Para eksekutif dan seluruh pekerja di dalam organisasi multi nasional harus memahami dan menghormati perbedaan budaya serta manajemen dapat menyesuaikan pengendalian manajemen antarnegara. 

Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai Kompensasi, Balance ScoreCard dan Penilaian Kinerja Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar pertanyaan Bagaimana menyusun penilaian kinerja dalam bsc, siapa saja pihak terlibat, bagaimana mekanismenya? Apa itu improshare dan apakah ada rumus dasarnya ? Bagaimana melakukan penilaian kinerja terkait internal perspective pada saat pendemi covid-19 seperti ini? apakah ada alternatif lain pengganti kompensasi yang bisa digunakan jika suatu organisasi tidak cocok dalam menerapkan sistem kompensasi? Bagaimana contoh dari penerapan jenis imbal jasa intrinsic reward? Apa faktor penilaian tinggi rendahnya kompensasi dalam perusahaan yang belum go public ? Di dalam balanced scored card terdapat perspektif keuangan yang tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan para pemegang saham, tetapi pada kenyataannya manajer juga mempunyai kepentingan untuk dirinya seperti mempertahankan jabatan atau menaikkan tingkat gaji. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisir konflik tersebut di dalam perusahaan ? Apakah adanya kompensasi akan meningkatkan kinerja perusahaan?

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen Pasar Modal | Pixabay Daftar pertanyaan: 1.       Kita ketahui bahwa dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang memilik pengaruh yang sangat besar terutama di perekonomian karena dapat dilihat bahwa fakta dilapangan bahwa banyaknya Perusahaan “Merumahkan” pegawainya yang tentunya di lakukan untuk memangkas biaya agar perusahaan tetap jalan di kondisi seperti ini, dilihat dari situasi menurut anda bagaimana perusahaan menanggapinya dalam hal kebijakan dividen? Apakah menahannya sebagai investasi? Atau tetap membagikan dividen bagaimana perusahaan menyikapinya? namun kita ketahui bahwa kegiatan operasional juga terganggu yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. 2.       Diantara stock dividen dan stock split mana yg lebih menguntungkan perusahaan? 3.       Faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan kebijakan dividen? 4.       Jika perusahaan t er s e b ut menghasilkan laba yang sangat besar, namun di

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Strategik Produk Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Apa saja masing-masing kekurangan  dari cost best pricing dan target costing dan adakah cara menangani kekurangannya? Apakah target biaya akan membatasi desain produksi perusahaan? Bagaimana mengatasinya? Menurut pendapat kalian kebijakan atau cara apa yang harus dilakukan perusahaan  untuk menurunkan biaya produksi tanpa mengurangi nilai dari produk sesuai dengan penerapan rekayasa nilai dijelaskan kelompok kalian tadi, sehingga tidak mengurangi besarnya jumlah pelanggan yg membeli produk tersebut. Proses penggunaan Target costing di awali dengan penentuan harga jual yang berlaku dipasar, lalu bagaimana jika perusahaan memproduksi barang differential dan sulit di tentukan harga jualnya?  Apakah target costing masih dapat digunakan? ada dua cara dalam menurunkan biaya hingga ke tingkat biaya yang dikehendaki,dari kedua cara tersebut cara mana yg paling efektif untum mempercepat penurunan biaya? apakah teori kendala dinilai efektif utk pengambilan keputusa

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Merger, Divestitures, Holding Companies, and LBOs

Daftar Pertanyaan:  Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum suatu merger dilakukan? Apakah memungkinkan apabila merger dilakukan malah menghasilkan perusahaan yang nilainya lebih kecil daripada sebelum merger? Apakah ada biaya lain selain biaya konsultan dan biaya koordinasi yang dikeluarkan untuk melakukan merger? Terdapat beberapa kelemahan dari merger mengenai biaya seperti mahalnya biaya konsultan dan biaya koordinasi. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisirkan kelemahan merger dari segi cost atau biaya?  Pada tahun 2008 terjadi merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo menjadi bank CIMB Niaga, menurut kalian apakah motif dari merger tersebut? Dan sebutkan alasannya. Terdapat 3 metode dalam merger mana yang terbaik dari 3 tersebut?  Terdapat beberapa jenis merger salah satunya disebtkan yaitu konglomeret, nah apa alasan perusahaan melakukan jenis merger tersebut, dan apakah alasan tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis merger lain? Pada tabel kelebihan melaku

Pertanyaan Mengenai Pendanaan Jangka Panjang (long term debt) Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan: Apabila sebuah perusahaan baru masuk lantai bursa saham dan ingin menerbitkan saham baru. Jasa lembaga penjamin apa saja yang dapat menjamin bahwa saham tersebut ternyata laku terjual semua di pasar dan bagaimana jika saham tersebut ternyata tidak laku di pasar? Apa tindakan yang dilakukan perusahaan penjamin? Jelaskan manfaat dari warrant dan adakah resiko dari warrant tersebut ! Menurut kamu jika memiliki sebuah perusahaan lebih baik menerbitkan saham preferen atau saham biasa? Adakah hubungan antara Time value of money dengan long term debt? Jika ada jelaskan apa hubungannya? Kemudian jika perusahaan mengalami kebangkrutan, hutang mana yang didahulukan untuk dilunasi, hutang jangka panjang atau hutang jangka pendek? Dari semua jenis pendanaan jangka panjang, pendanaan jangka panjang manakah yang paling baik bagi seorang investor dalam artian paling memberikan manfaat dan paling kecil risikonya? Berikut dengan penjelasan mengenai alasan memilih jenis pe

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Strategik - Pelanggan Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelanggan saat perekonomian sedang menurun sehingga sulit untuk mendapatkan profit?  Bagaimana cara menanganinya? Sebutkan dan jelaskan contoh penerapan CLV di Indonesia. Apa hubungan customer profitability analysis dan customer lifetime value dengan akuntansi manajemen?  Jenis perusahaan seperti apa yang banyak menggunakan metode CLV dan apa saja kelebihan yang dimiliki metode CLV dibandingkan metode lainnya?  Dari 4 cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas, manakah cara yang paling efektif? Apakah bisa dua cara atau lebih dilakukan bersamaan oleh perusahaan untuk meningkatkan profitabilitasnya?  Apa perbedaan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan metode ABC dan dengan CLV?  Dalam analisis terhadap pelanggan dengan menggunakan Costumer lifetime value (clv), kriteria apa saja yang harus ada supaya bisa berjalan baik. Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelang

Contoh Soal SKPD dan PPKD Lengkap Dengan Jawabannya

AKUNTANSI  PEMERINTAH KOTA SYAWAL Pemerintah Kota “Syawal” memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni SKPD “A”. Berikut adalah Neraca Awal dari SKPD “A”. Neraca awal SKPD A Selama bulan Januari 2016 terdapat transaksi-transaksi di SKPD “A” sebagai berikut:  Pada tanggal 1 Januari 2016 untuk SKPD “A” ditetapkan bahwa  Estimasi Pendapatan adalah sebesar Rp 65.000.000,-  Apropriasi Belanja dianggarkan adalah sebesar Rp 80.000.000,- Tanggal 2 Januari 2016, Bendahara Umum Daerah (BUD) menerbitkan Surat  Perintah Pencairan Dana - Langsung (SP2D-LS) Gaji sebesar Rp 70.000.000,- dengan rincian sebagai berikut : a. Gaji Pokok Rp 45.000.000,- b. Tunjangan Keluarga Rp 15.000.000,- c. Tunjangan Jabatan Rp 10.000.000,- Tanggal 3 Januari 2016 Bendahara Pengeluaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran -Uang Persediaan (SPP-UP) sebesar Rp 10.000.000,- kepada Pengguna Anggaran (PA) melalui Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK-SKPD). Pada hari y

Pengertian Harga Transfer, Tujuan, Metode, Penetapan Harga dan Administrasi Harga Transfer Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan 1. Pengertian harga transfer 2. Tujuan Harga Transfer 3. Metode-metode Harga Transfer Prinsip Dasar Situasi Ideal Hambatan-hambatan dalam perolehan sumber daya 4. Penetapan Harga Jasa Korporat Pengendalian atas jumlah jasa Pilihan Penggunaan Jasa 5. Administrasi harga transfer Negosiasi Arbitrase dan penyelesaian konflik Klasifikasi produk Transfer Pricing | Pixabay Pengertian harga transfer   Menurut Tsurumi dan Gunadi (1997) , dalam suatu grup perusahaan, transfer pricing merupakan harga yang diperhitungkan untuk pengendalian manajemen (management control) atas transfer barang dan jasa dalam satu grup perusahaan.   Menurut Charles T. Horngren, George Foster dan Srikant Datar dalam akuntansi biaya, harga transfer merupakan harga yang dikenakan oleh satu subunit (segmen, departemen, divisi dan sebagainya) untuk produk atau jasa yang dipasok ke subunit lain dalam organisasi yang sama.   Menurut Ralph Estes dalam ka

Pengertian Leverage By Out (LBO), Kelemahan dan Kelebihan Serta Contoh LBO Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan Pengertian LBO  Kelemahan dan Kelebihan LBO Contoh LBO LBO Contract | Pixabay Pengertian LBO  LBO (Leverage by out) adalah akuisisi/pembelian perusahaan atau divisi bisnis yang teknik pembiayaannya sebagian besar bersumber dari hutang. Namun juga dapat dikombinasikan dengan kas dan saham. Dalam hal ini jika perusahaan pengakuisisian tidak cukup memiliki kas maka pengakuisisian harus mencari sumber dana dari pihak ketiga dalam berhutang. Dengan demikian LBO merupakan pembelian perusahaan secara tunai tetapi sebagian besar diperoleh dari pinjaman atau hutang. Perusahaan yang berstatus LBO, bekerja dalam kondisi yang berat karena harus membayar hutang sesuai dengam jadwal pelunasan secara teoritis perusahaan memiliki risiko kebangkrutan yang tinggi karena proporsi hutang yang dimiliki sedemikian besar dibanding dengan sendiri. Sebaliknya jika LBO berhasil, maka perusahaan yang berstatus LBO ini akan dapat mengembalikan hutang-hutangnya sekaligu

Pertanyaan Mengenai Strategy MAP dan Balance ScoreCard Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi perusahaan dan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Apakah ada faktor lain selain pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan? Jika ada, tolong jelaskan! Apa saja kekurangan dan kelebihan pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard bagi perusaan? balance scorecard terkait perspektif bisnis internal mengenai proses terkait hukum, lingkungan dan sosial. Untuk penilaian terhadap aspek dalam proses tersebut apakah ada kaitannya dengan aspek penilaian laporan keberlanjutan yang ditetapkan oleh Global Reporting Intiative (GRI) ? Alternatif tindakan apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperbaiki struktur biaya ? Jelaskan mengapa Balanced Scorecard sangat penting bagi sebuah perusahaan! Dan jelaskan apa yang dim