Contoh Business Plan
Jenis Usaha : Kuliner
Nama Usaha : Martabak Sultan “Sulit untuk dilupakan”
Produk yang dijual: Aneka Rasa Martabak Manis dan Aneka Rasa Martabak Telor
Ringkasan Bisnis
Martabak sultan adalah bisnis yang akan saya kembangkan dibidang kuliner yaitu martabak manis dan martabak telor. Hal ini dikarenakan saya suka sekali martabak dan pangsa pasarnya cukup banyak. Martabak sultan akan melayani komunitas 30.000 penduduk yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Martabak sultan terletak di jantung kota kalimantan selatan, sebagai tanggapan atas terbatasnya tempat makan yang berjualan martabak dengan varian rasa beragam yang berlokasi di banjarmasin.
Tujuan:
sebagai usaha untuk mencari pendapatan dan memberikan pekerjaan bagi orang lain.
Untuk menyalurkan hobi dan sebagai praktek dari perkulihan yang telah didapat.
Visi:
Menjadi suatu padat karya yang sukses dibidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa mengembangkan jajanan kuliner kekinian dipadukan dengan martabak
Misi:
Membangun spot-spot yang nyaman dan memberikan kesan bagi para konsumen.
Memanjakan pecinta martabak.
Keunggulan produk
- Mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan berbagai rasa.
- Mempunyai cita rasa yang berbeda dan selalu berinovasi dengan rasa.
- Disajikan dengan menarik dan memikat hati.
- Strategi Penjualan
- Strategi penjualan martabak sultan adalah memanfaatkan sosial media dan google bisnisku serta berkerjasama dengan aplikasi ojek online.
Program Pemasaran
Diferensiasi
Perbedaan produk kami dengan produk lainnya adalah dalam hal keunikan varian rasanya dan varian warna martabaknya.
Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha kami ini adalah produk kuliner berupa martabak manis dengan berbagai varian rasa dan varian warna alami. Selain martabak manis, kami juga menyediakan martabak telor dengan varian rasa pedas dalam beberapa level sesuai selera pelanggan. Kedua martabak ini tersedia dua ukuran yaitu medium dan large.
Martabak Manis:
- Martabak Klasik dengan toping coklat, keju dan kacang.
- Martabak Tipis Kering dengan berbagai varian rasa
- Martabak BBQ Beefacon
- Martabak 8 rasa yang terdiri dari rasa greentea, nutella, skippy, coklat, keju, kacang, toblerone, ovomaltine.
- Martabak durian keju
- Martabak nangka coklat
- Martabak red velvet dengan white chocolate cream cheese dan pandan
- Martabak taro dengan cream taro cream cheese
- Martabak black dengan lava dark chocolate
- Martabak mandarin orange, longan, fruit loops, dan koko krunch.
Martabak Telor:
- Martabak telor Ori dengan kari daging yang kuat
- Martabak telor Pedas yang terdiri dari Lv 3, 4, 5, dan 6
- Martabak telor smoked beef
- Martabak telor vagetarian
- Martabak telor salmon keju
- Martabak telor otak-otak
Harga
Harga yang kami tetapkan adalah harga yang standar yang sudah disesuaikan dengan kantong mahasiswa dan semua kalangan masyarakat yaitu berkisar antara Rp 15.000-Rp 150.000.
Promosi
Dipasarkan melalui daring menggunakan sosial media seperti instagram dan google bisnisku serta melalui aplikasi ojek online.
Rencana Bisnis dan Pra operasi
Rencana investasi (estimasi)
Dana pribadi Rp 500.000.000
Pinjaman bank Rp 400.000.000
Total biaya investasi Rp 900.000.000
Biaya Pra operasional (estimasi)
Pembelian Tempat Rp 500.000.000
Izin usaha Rp 1.500.000
Meja 8 buah Rp 3.000.000
Kursi 16 buah Rp 1.600.000
Pembelian bahan Rp 1.300.000
Peralatan masak Rp 30.000.000
Pengecetan toko dan membuat banner Rp 1.000.000
Total biaya praoperasional Rp 538.400.000
Proyeksi penjualan (estimasi)
Penjualan 1 bulan pertama Rp 5.000.000
Penjualan perbulan Rp 10.000.000
Total Penjualan 1 tahun Rp 120.000.000
Proyeksi laba/rugi (estimasi)
Total Penjualan 1 tahun Rp 100.000.000
Total laba selama 1 tahun Rp 45.000.000
Bangunan
Untuk bangunan usaha ini akan membeli ruko yang berada di jalan sultan adam atau jl mesjid jami yang merupakan jalan utama daerah tersebut. Lalu lintas pejalan kaki maupun kendaraan bermotor sangat padat dengan mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum yang mau berangkat bekerja.
Sumber Daya Manusia
Usaha ini didirikan oleh Muhammad Parid dan mengajak keluarga serta teman-teman saya untuk membangun bersama bisnis ini.
Rencana Pengembangan Produk
Apabila usaha ini sudah berjalan selama beberapa tahun dan sudah dikenal oleh banyak orang sehingga usaha ini lancar dan mempunyai konsumen tetap. Dengan demikian kami akan terus berekperimen menghadirkan varian-varian rasa baru sehingga pelanggan tidak merasa jenuh.
Tabel perkiraan persentase pelanggan
Analisis Persaingan
Selain tempat yang strategis, di era sekarang penting kiranya memasarkan secara online produk, selain itu bisnis kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena merupakan produk yang selalu dicari orang.
Walaupun penjual martabak di kota banjarmasin cukup banyak, untuk menarik pelanggan kami menawarkan produk dari harga termurah sampai tertinggi sehingga semua segmen masyarakat dapat menikmatinya, dan cita rasa yang enak serta promosi diskon jika produk kami di mention dalam story instagram. Selain itu setiap hari jumat akan diadakan amal dari 20% keuntungan pada hari kamis dan jumat, yang akan kami donasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan kondisi tersebut membuat saya yakin bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk yang berada dipasar.
Analisis SWOT
Usaha Martabak “Sultan” dengan berbagai varian rasa dan warna apabila dianalisis dengan metode SWOT (strength, weakness, opportunity, thread) adalah sebagai berikut:
Strength (kekuatan)
- Memiliki lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, nyaman, aman dan menarik konsumen.
- Mempunyai produk jarang ditemui di daerah kota banjarmasin.
- Menerapkan harga yang disesuaikan dengan mahasiswa dan pelajar.
- Mempunyai jam buka yang panjang (dari pukul 07.30- 22.00 WITA)
Weakness (kelemahan)
Usaha ini merupakan usaha baru yang belum banyak diketahui konsumen.
Opportunity (kesempatan)
- Belum banyak produk yang sama dengan yang kami tawarkan.
- Keinginan orang untuk mencari produk yang unik dan jarang ada dipasar.
- Banyaknya pecinta makanan manis dan pedas.
Threat (ancaman)
- Semakin banyaknya penjual martabak yang menawarkan produk mereka dengan harga yang lebih murah.
- Semakin banyaknya orang yang menawarkan makanan yang unik lainnya.
***
Kesimpulan
Dilihat dari segi pemasaran, masih terdapat peluang yang cukup besar karena produk yang saya tawarkan disukai dan dikenal banyak orang dan varian rasa yang banyak dan unik.
Dilihat dari segi manajemen, usaha ini dikembangkan dan kelola oleh saya pribadi dan dengan bantuan karyawan yang mempunyai usaha keras. Sehingga kami selalu terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik.
Dilihat dari aspek keuangan, baik ketersediaan modal dan analisis finansial cukup menguntungkan meskipun memerlukan waktu untuk mencapai keuntungan yang lebih besar.
Dengan melihat dari berbagai aspek diatas, maka dapat disimpulkan usaha ini layak untuk dilakukan. Untuk itu agar usaha ini sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras sehingga usaha ini dapat berjaya dikemudian hari.
Komentar
Posting Komentar
PENTING...! Pastikan komentar anda adalah berupa pertanyaan, koreksi, atau hal serupa lainnya yang BERMANFAAT (bagi anda atau mungkin bagi pengguna lainnya dikemudian hari). Komentar yang bersifat BASA-BASI (seperti thanks, semoga bermanfaat atau hal serupa lainnya) akan kami hapus... ^-^