Langsung ke konten utama

Business Plan Martabak Kekinian

Contoh  Business Plan


Jenis Usaha : Kuliner 
Nama Usaha : Martabak Sultan “Sulit untuk dilupakan”
Produk yang dijual: Aneka Rasa Martabak Manis dan Aneka Rasa Martabak Telor


Note: kamu juga dapat menemukan business plan lainnya pada Bplans.com

Ringkasan Bisnis

Martabak sultan adalah bisnis yang akan saya kembangkan  dibidang kuliner yaitu martabak manis dan martabak telor. Hal ini dikarenakan saya suka sekali martabak dan pangsa pasarnya cukup banyak. Martabak sultan akan melayani komunitas 30.000 penduduk yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Martabak sultan terletak di jantung kota kalimantan selatan, sebagai tanggapan atas terbatasnya tempat makan yang berjualan martabak dengan varian rasa beragam yang berlokasi di banjarmasin. 


Tujuan: 

sebagai usaha untuk mencari pendapatan dan memberikan pekerjaan bagi orang lain.
Untuk menyalurkan hobi dan sebagai praktek dari perkulihan yang telah didapat.


Visi:

Menjadi suatu padat karya yang sukses dibidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa mengembangkan jajanan kuliner kekinian dipadukan dengan martabak



Misi:

Membangun spot-spot yang nyaman dan memberikan kesan bagi para konsumen.
Memanjakan pecinta martabak.


Keunggulan produk

  1. Mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan berbagai rasa.
  2. Mempunyai cita rasa yang berbeda dan selalu berinovasi dengan rasa.
  3. Disajikan dengan menarik dan memikat hati.
  4. Strategi Penjualan
  5. Strategi penjualan martabak sultan adalah memanfaatkan sosial media dan google bisnisku serta berkerjasama dengan aplikasi ojek online.


Program Pemasaran


Diferensiasi

Perbedaan produk kami dengan produk lainnya adalah dalam hal keunikan varian rasanya dan varian warna martabaknya.


Produk

Produk yang kami tawarkan dalam usaha kami ini adalah produk kuliner berupa martabak manis dengan berbagai varian rasa dan varian warna alami. Selain martabak manis, kami juga menyediakan martabak telor dengan varian rasa pedas dalam beberapa level sesuai selera pelanggan. Kedua martabak ini tersedia dua ukuran yaitu medium dan large.


Martabak Manis: 

  1. Martabak Klasik dengan toping coklat, keju dan kacang.
  2. Martabak Tipis Kering dengan berbagai varian rasa
  3. Martabak BBQ Beefacon
  4. Martabak 8 rasa yang terdiri dari rasa greentea, nutella, skippy, coklat, keju, kacang, toblerone, ovomaltine.
  5. Martabak durian keju
  6. Martabak nangka coklat
  7. Martabak red velvet dengan white chocolate cream cheese dan pandan
  8. Martabak taro dengan cream taro cream cheese
  9. Martabak black dengan lava dark chocolate
  10. Martabak mandarin orange, longan, fruit loops, dan koko krunch. 


Martabak Telor:

  1. Martabak telor Ori dengan kari daging yang kuat
  2. Martabak telor Pedas yang terdiri dari Lv 3, 4, 5, dan 6
  3. Martabak telor smoked beef
  4. Martabak telor vagetarian
  5. Martabak telor salmon keju
  6. Martabak telor otak-otak


Harga

Harga yang kami tetapkan adalah harga yang standar yang sudah disesuaikan dengan kantong mahasiswa dan semua kalangan masyarakat yaitu berkisar antara Rp 15.000-Rp 150.000.


Promosi

Dipasarkan melalui daring menggunakan sosial media seperti instagram dan google bisnisku serta melalui aplikasi ojek online.



Rencana Bisnis dan Pra operasi 


Rencana investasi (estimasi)

Dana pribadi Rp 500.000.000
Pinjaman bank Rp 400.000.000
Total biaya investasi Rp 900.000.000

Biaya Pra operasional (estimasi)
Pembelian Tempat Rp 500.000.000
Izin usaha Rp 1.500.000
Meja 8 buah Rp 3.000.000
Kursi 16 buah Rp  1.600.000
Pembelian bahan Rp 1.300.000
Peralatan masak Rp 30.000.000
Pengecetan toko dan membuat banner Rp 1.000.000
Total biaya praoperasional Rp 538.400.000

Proyeksi penjualan (estimasi)

Penjualan 1 bulan pertama Rp 5.000.000
Penjualan perbulan Rp 10.000.000
Total Penjualan 1 tahun Rp 120.000.000

Proyeksi laba/rugi (estimasi)

Total Penjualan 1 tahun Rp 100.000.000

Total laba selama 1 tahun Rp 45.000.000


Bangunan 

Untuk bangunan usaha ini akan membeli ruko yang berada di jalan sultan adam atau jl mesjid jami yang merupakan jalan utama daerah tersebut. Lalu lintas pejalan kaki maupun kendaraan bermotor sangat padat dengan mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum yang mau berangkat bekerja. 



Sumber Daya Manusia  

Usaha ini didirikan oleh Muhammad Parid dan mengajak keluarga serta teman-teman saya untuk membangun bersama bisnis ini.


Rencana Pengembangan Produk

Apabila usaha ini sudah berjalan selama beberapa tahun dan sudah dikenal oleh banyak orang sehingga usaha ini lancar dan mempunyai konsumen tetap. Dengan demikian kami akan terus berekperimen menghadirkan varian-varian rasa baru sehingga pelanggan tidak merasa jenuh.

Tabel perkiraan persentase pelanggan

Segmen
Jumlah (%)
Mahasiswa dan pelajar 
60%
Masyarakat umum
40%


Analisis Persaingan

Selain tempat yang strategis, di era sekarang  penting kiranya memasarkan secara online produk, selain itu bisnis kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena merupakan produk yang selalu dicari orang. 

Walaupun penjual martabak di kota banjarmasin cukup banyak, untuk menarik pelanggan kami menawarkan produk  dari harga termurah sampai tertinggi sehingga semua segmen masyarakat dapat menikmatinya, dan  cita rasa yang enak serta promosi diskon jika produk kami di mention dalam story instagram. Selain itu setiap hari jumat akan diadakan amal dari 20% keuntungan pada hari kamis dan jumat, yang akan kami donasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan kondisi tersebut membuat saya yakin bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk yang berada dipasar.



Analisis SWOT

Usaha Martabak “Sultan”  dengan berbagai varian rasa dan warna apabila dianalisis dengan metode SWOT (strength, weakness, opportunity, thread) adalah sebagai berikut:

Strength (kekuatan)

  1. Memiliki lokasi yang strategis dan tempat yang bersih, nyaman, aman dan menarik konsumen.
  2. Mempunyai produk jarang ditemui di daerah kota banjarmasin.
  3. Menerapkan harga yang disesuaikan dengan mahasiswa dan pelajar.
  4. Mempunyai jam buka yang panjang (dari pukul 07.30- 22.00 WITA)


Weakness (kelemahan)

Usaha ini merupakan usaha baru yang belum banyak diketahui konsumen.



Opportunity (kesempatan)

  1. Belum banyak produk yang sama dengan yang kami tawarkan.
  2. Keinginan orang untuk mencari produk yang unik dan jarang ada dipasar.
  3. Banyaknya pecinta makanan manis dan pedas.


Threat (ancaman)

  1. Semakin banyaknya penjual martabak yang menawarkan produk mereka dengan harga yang lebih murah.
  2. Semakin banyaknya orang yang menawarkan makanan yang unik lainnya.



***

Kesimpulan 


Dilihat dari segi pemasaran, masih terdapat peluang yang cukup besar karena produk yang saya tawarkan disukai dan dikenal banyak orang dan varian rasa yang banyak dan unik. 

Dilihat dari segi manajemen, usaha ini dikembangkan dan kelola oleh saya pribadi dan dengan bantuan karyawan yang mempunyai usaha keras. Sehingga kami selalu terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik.

Dilihat dari aspek keuangan, baik ketersediaan modal dan analisis finansial cukup menguntungkan meskipun memerlukan waktu untuk mencapai keuntungan yang lebih besar.

Dengan melihat dari berbagai aspek diatas, maka dapat disimpulkan usaha ini layak untuk dilakukan. Untuk itu agar usaha ini sukses harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kerja keras sehingga usaha ini dapat berjaya dikemudian hari. 

Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai Kompensasi, Balance ScoreCard dan Penilaian Kinerja Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar pertanyaan Bagaimana menyusun penilaian kinerja dalam bsc, siapa saja pihak terlibat, bagaimana mekanismenya? Apa itu improshare dan apakah ada rumus dasarnya ? Bagaimana melakukan penilaian kinerja terkait internal perspective pada saat pendemi covid-19 seperti ini? apakah ada alternatif lain pengganti kompensasi yang bisa digunakan jika suatu organisasi tidak cocok dalam menerapkan sistem kompensasi? Bagaimana contoh dari penerapan jenis imbal jasa intrinsic reward? Apa faktor penilaian tinggi rendahnya kompensasi dalam perusahaan yang belum go public ? Di dalam balanced scored card terdapat perspektif keuangan yang tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan para pemegang saham, tetapi pada kenyataannya manajer juga mempunyai kepentingan untuk dirinya seperti mempertahankan jabatan atau menaikkan tingkat gaji. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisir konflik tersebut di dalam perusahaan ? Apakah adanya kompensasi akan meningkatkan kinerja perusahaan?

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen Pasar Modal | Pixabay Daftar pertanyaan: 1.       Kita ketahui bahwa dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang memilik pengaruh yang sangat besar terutama di perekonomian karena dapat dilihat bahwa fakta dilapangan bahwa banyaknya Perusahaan “Merumahkan” pegawainya yang tentunya di lakukan untuk memangkas biaya agar perusahaan tetap jalan di kondisi seperti ini, dilihat dari situasi menurut anda bagaimana perusahaan menanggapinya dalam hal kebijakan dividen? Apakah menahannya sebagai investasi? Atau tetap membagikan dividen bagaimana perusahaan menyikapinya? namun kita ketahui bahwa kegiatan operasional juga terganggu yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. 2.       Diantara stock dividen dan stock split mana yg lebih menguntungkan perusahaan? 3.       Faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan kebijakan dividen? 4.       Jika perusahaan t er s e b ut menghasilkan laba yang sangat besar, namun di

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Strategik Produk Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Apa saja masing-masing kekurangan  dari cost best pricing dan target costing dan adakah cara menangani kekurangannya? Apakah target biaya akan membatasi desain produksi perusahaan? Bagaimana mengatasinya? Menurut pendapat kalian kebijakan atau cara apa yang harus dilakukan perusahaan  untuk menurunkan biaya produksi tanpa mengurangi nilai dari produk sesuai dengan penerapan rekayasa nilai dijelaskan kelompok kalian tadi, sehingga tidak mengurangi besarnya jumlah pelanggan yg membeli produk tersebut. Proses penggunaan Target costing di awali dengan penentuan harga jual yang berlaku dipasar, lalu bagaimana jika perusahaan memproduksi barang differential dan sulit di tentukan harga jualnya?  Apakah target costing masih dapat digunakan? ada dua cara dalam menurunkan biaya hingga ke tingkat biaya yang dikehendaki,dari kedua cara tersebut cara mana yg paling efektif untum mempercepat penurunan biaya? apakah teori kendala dinilai efektif utk pengambilan keputusa

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Merger, Divestitures, Holding Companies, and LBOs

Daftar Pertanyaan:  Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum suatu merger dilakukan? Apakah memungkinkan apabila merger dilakukan malah menghasilkan perusahaan yang nilainya lebih kecil daripada sebelum merger? Apakah ada biaya lain selain biaya konsultan dan biaya koordinasi yang dikeluarkan untuk melakukan merger? Terdapat beberapa kelemahan dari merger mengenai biaya seperti mahalnya biaya konsultan dan biaya koordinasi. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisirkan kelemahan merger dari segi cost atau biaya?  Pada tahun 2008 terjadi merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo menjadi bank CIMB Niaga, menurut kalian apakah motif dari merger tersebut? Dan sebutkan alasannya. Terdapat 3 metode dalam merger mana yang terbaik dari 3 tersebut?  Terdapat beberapa jenis merger salah satunya disebtkan yaitu konglomeret, nah apa alasan perusahaan melakukan jenis merger tersebut, dan apakah alasan tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis merger lain? Pada tabel kelebihan melaku

Pertanyaan Mengenai Pendanaan Jangka Panjang (long term debt) Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan: Apabila sebuah perusahaan baru masuk lantai bursa saham dan ingin menerbitkan saham baru. Jasa lembaga penjamin apa saja yang dapat menjamin bahwa saham tersebut ternyata laku terjual semua di pasar dan bagaimana jika saham tersebut ternyata tidak laku di pasar? Apa tindakan yang dilakukan perusahaan penjamin? Jelaskan manfaat dari warrant dan adakah resiko dari warrant tersebut ! Menurut kamu jika memiliki sebuah perusahaan lebih baik menerbitkan saham preferen atau saham biasa? Adakah hubungan antara Time value of money dengan long term debt? Jika ada jelaskan apa hubungannya? Kemudian jika perusahaan mengalami kebangkrutan, hutang mana yang didahulukan untuk dilunasi, hutang jangka panjang atau hutang jangka pendek? Dari semua jenis pendanaan jangka panjang, pendanaan jangka panjang manakah yang paling baik bagi seorang investor dalam artian paling memberikan manfaat dan paling kecil risikonya? Berikut dengan penjelasan mengenai alasan memilih jenis pe

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Strategik - Pelanggan Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelanggan saat perekonomian sedang menurun sehingga sulit untuk mendapatkan profit?  Bagaimana cara menanganinya? Sebutkan dan jelaskan contoh penerapan CLV di Indonesia. Apa hubungan customer profitability analysis dan customer lifetime value dengan akuntansi manajemen?  Jenis perusahaan seperti apa yang banyak menggunakan metode CLV dan apa saja kelebihan yang dimiliki metode CLV dibandingkan metode lainnya?  Dari 4 cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas, manakah cara yang paling efektif? Apakah bisa dua cara atau lebih dilakukan bersamaan oleh perusahaan untuk meningkatkan profitabilitasnya?  Apa perbedaan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan metode ABC dan dengan CLV?  Dalam analisis terhadap pelanggan dengan menggunakan Costumer lifetime value (clv), kriteria apa saja yang harus ada supaya bisa berjalan baik. Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelang

Contoh Soal SKPD dan PPKD Lengkap Dengan Jawabannya

AKUNTANSI  PEMERINTAH KOTA SYAWAL Pemerintah Kota “Syawal” memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni SKPD “A”. Berikut adalah Neraca Awal dari SKPD “A”. Neraca awal SKPD A Selama bulan Januari 2016 terdapat transaksi-transaksi di SKPD “A” sebagai berikut:  Pada tanggal 1 Januari 2016 untuk SKPD “A” ditetapkan bahwa  Estimasi Pendapatan adalah sebesar Rp 65.000.000,-  Apropriasi Belanja dianggarkan adalah sebesar Rp 80.000.000,- Tanggal 2 Januari 2016, Bendahara Umum Daerah (BUD) menerbitkan Surat  Perintah Pencairan Dana - Langsung (SP2D-LS) Gaji sebesar Rp 70.000.000,- dengan rincian sebagai berikut : a. Gaji Pokok Rp 45.000.000,- b. Tunjangan Keluarga Rp 15.000.000,- c. Tunjangan Jabatan Rp 10.000.000,- Tanggal 3 Januari 2016 Bendahara Pengeluaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran -Uang Persediaan (SPP-UP) sebesar Rp 10.000.000,- kepada Pengguna Anggaran (PA) melalui Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK-SKPD). Pada hari y

Pengertian Harga Transfer, Tujuan, Metode, Penetapan Harga dan Administrasi Harga Transfer Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan 1. Pengertian harga transfer 2. Tujuan Harga Transfer 3. Metode-metode Harga Transfer Prinsip Dasar Situasi Ideal Hambatan-hambatan dalam perolehan sumber daya 4. Penetapan Harga Jasa Korporat Pengendalian atas jumlah jasa Pilihan Penggunaan Jasa 5. Administrasi harga transfer Negosiasi Arbitrase dan penyelesaian konflik Klasifikasi produk Transfer Pricing | Pixabay Pengertian harga transfer   Menurut Tsurumi dan Gunadi (1997) , dalam suatu grup perusahaan, transfer pricing merupakan harga yang diperhitungkan untuk pengendalian manajemen (management control) atas transfer barang dan jasa dalam satu grup perusahaan.   Menurut Charles T. Horngren, George Foster dan Srikant Datar dalam akuntansi biaya, harga transfer merupakan harga yang dikenakan oleh satu subunit (segmen, departemen, divisi dan sebagainya) untuk produk atau jasa yang dipasok ke subunit lain dalam organisasi yang sama.   Menurut Ralph Estes dalam ka

Pengertian Leverage By Out (LBO), Kelemahan dan Kelebihan Serta Contoh LBO Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan Pengertian LBO  Kelemahan dan Kelebihan LBO Contoh LBO LBO Contract | Pixabay Pengertian LBO  LBO (Leverage by out) adalah akuisisi/pembelian perusahaan atau divisi bisnis yang teknik pembiayaannya sebagian besar bersumber dari hutang. Namun juga dapat dikombinasikan dengan kas dan saham. Dalam hal ini jika perusahaan pengakuisisian tidak cukup memiliki kas maka pengakuisisian harus mencari sumber dana dari pihak ketiga dalam berhutang. Dengan demikian LBO merupakan pembelian perusahaan secara tunai tetapi sebagian besar diperoleh dari pinjaman atau hutang. Perusahaan yang berstatus LBO, bekerja dalam kondisi yang berat karena harus membayar hutang sesuai dengam jadwal pelunasan secara teoritis perusahaan memiliki risiko kebangkrutan yang tinggi karena proporsi hutang yang dimiliki sedemikian besar dibanding dengan sendiri. Sebaliknya jika LBO berhasil, maka perusahaan yang berstatus LBO ini akan dapat mengembalikan hutang-hutangnya sekaligu

Pertanyaan Mengenai Strategy MAP dan Balance ScoreCard Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi perusahaan dan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Apakah ada faktor lain selain pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan? Jika ada, tolong jelaskan! Apa saja kekurangan dan kelebihan pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard bagi perusaan? balance scorecard terkait perspektif bisnis internal mengenai proses terkait hukum, lingkungan dan sosial. Untuk penilaian terhadap aspek dalam proses tersebut apakah ada kaitannya dengan aspek penilaian laporan keberlanjutan yang ditetapkan oleh Global Reporting Intiative (GRI) ? Alternatif tindakan apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperbaiki struktur biaya ? Jelaskan mengapa Balanced Scorecard sangat penting bagi sebuah perusahaan! Dan jelaskan apa yang dim