Langsung ke konten utama

Pengertian dan Pentingnya Selling Skill Agar Penjualan Meningkat


Source: Padang Gemilang 2020

Dalam vidio tersebut dijelaskan mengenai beberapa hal penting dalam Selling Skill diantaranya:

Preparation yang bertujuan untuk membangun kepercayaan terhadap pelanggan.

  1. Grooming 
  2. Basic service
  3. Product knowledge 
  4. Standard general operation

Opening the sales yang bertujuan untuk membuka interaksi dengan pelanggan. Pada tahapan ini pembuka interaksi antara penjual dan pembeli. 


The right path yang bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar makin tertarik untuk mengeksplor toko.

  1. Company profile
  2. Best product
  3. Our promo



Probing & sketching yang bertujuan untuk menggali kebutuhan pelanggan.


Demonstration (demo product) yang bertujuan untuk menjelaskan fitur dan benefit produk kepada pelanggan.

  1. Berinteraksi dengan produk  seperti menunjukan fitur dan benefit dari produk.
  2. Ikut sertakan pelanggan ketika menunjukan dan benefit produk, ajak pelanggan untuk mencoba, memegang, melihat atau menyentuh produk.
  3. Bantu pelanggan menemukan manfaat seperti membantu pelanggan untuk mencoba produk sehingga ia bisa menemukan manfaat produk.
  4. Jangan abaikan produk knowledge, semakin banyak pengetahuan dari suatu produk akan menjadi nilai tambah saat melakukan demonstration.
  5. Menggunakan informasi yang ada seperti PI, signage, informasi promo, dan brosur untuk mengedukasi pelanggan dan memperkuat keyakinannya terhadap informasi yang diberikan.
  6. Duduk bersama pelanggan bila memungkinkan, namun tetap berikan jarak antara anda dan pelanggan.


Handling objection & closing the sales yang bertujuan untuk menangani keberatan dan menutup penjualan.

  1. Direct close 
  2. Assuming the close
  3. Customer choice close 
  4. Bonus offer
  5. Impending event close



Farewell & relationship yang bertujuan untuk membangun hubungan setelah penjualan. 



Apa itu Selling Skill


Selling skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Keterampilan penjualan ini membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan karena hal itu menjadi pembeda dipasar komoditas. 

Ada 6 keterampilan menjual menurut (Richardson) diantaranya:

Presence 

Hal ini membangun kredibilitas, rasa hormat, dan kepercayaan antara pembeli dan penjual.


Relating

Hal ini berkaitan dengan bagaimana para penjual profesional menggunakan pengakuan, empati, dan hubungan untuk terhubung dengan pembeli.


Questioning

Mempertanyakan menumbuhkan keterbukaan dan menghasilkan dialog yang mengekplorasi, membentuk dan mendefinisikan kebutuhan pelanggan, terutama ketika pertanyaan penjualan terstruktur dengan baik.


Listening

Kombinasi keterampilan bertanya dan mendengarkan meningkatkan kemampuan penjual untuk memposisikan solusi mereka dengan cara yang bermakna bagi pelanggan.


Positioning

Hal ini membedakan produk dan layanan dengan menggunakan kata-kata untuk membentuk persepsi klien.


Checking

Memeriksa menanyakan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan tentang apa yang dikatakan oleh penjual.



Apakah yang harus dilakukan sehingga penjualan sebuah produk mendapat peningkatan yang maksimal?


Ada beberapa cara untuk menganalisis selling skill dalam menilai keterampilan tenaga penjualan diantaranya:

  1. Tingkat keberhasilan (berhasil menjual), tingkat keberhasilan yang rendah biasanya merupakan indikasi peluang untuk perbaikan pada langkah lain dalam proses penjualan.
  2. Pencapaian kuota, pencapaian kuota membandingkan kinerja dengan harapan.
  3. Waktu untuk produktivitas, ini mengukur tingkat keterampilan penjualan awal, serta keberhasilan orientasi.
  4. Erosi, ini merupakan indikator keterlambatan tindakan lain seperti waktu ramp, produktivitas dan keterlibatan. Tingkat gesekan yang tinggi menandakan terjadi masalah dengan semangat kerja, permintaan pasar, atau gaya kepemimpinan manajer penjualan.
  5. Nilai kontrak, ini berfungsi untuk mengukur efektivitas kemampuan profesional penjualan untuk merealisasikan nilai penuh peluang. Nilai kontrak yang rendah menandakan hasil dari ketidakmampuan penjual profesional dalam membangun hubungan yang strategis dan memposisikan nilai beberapa produk dan layanan.
  6. Profitabilitas dan penetapan harga, ini untuk mengukur kemampuan penjual profesional untuk mempertahankan nilai kesepakatan selama proses penjualan. Menurunnya profitabilitas menandakan terjadi kesenjangan dalam kemampuan penjual untuk menentukan solusi atau kesepakatan.
  7. Siklus penjualan, ini mencerminkan efektivitas kemampuan penjual untuk melibatkan pembeli dan mendorong momentum selama penjualan.



Diatas tadi merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Dari video tersebut dapat dilihat sudah menggunakan selling skill dengan baik, namun juga harus dilihat dan dinilai seliing skill yang sudah dijalankan dengan ke tujuh  cara diatas apakah selling skill sudah berjalan dengan disiplin dan efektif. Jika ketujuh cara diatas terdapat kesenjangan maka untuk mengatasinya adalah dengan membuat pelatihan untuk meningkatkan kinerja tim ataupun individu. Penilaian yang cermat atas kesenjangan tim atau individu akan memberikan penjualan yang diharapkan.

Ada tiga tahap pelatihan selling skilll menurut (Richardson), tahap yang pertama adalah untuk menemukan peluang baru seperti mengetahui pasar, menargetkan pembeli, mencari peluang, dan menyajikan proposisi nilai. Adapun program pelatihan selling skill-nya yaitu:

  1. Penjualan konsultatif: pelatihan ini untuk menghindari perilaku penjual-sentris dan meningkatkan wawasan untuk mendapatkan hak untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan.
  2. Prospek konsultatif: pelatihan ini untuk melibatkan kontak dalam percakapan yang membantu pembeli mendapatkan keputusan utama.
  3. Pelatihan jaringan penjualan : pelatihan ini untuk membuka dialog baru dengan deskripsi singkat tentang poin-poin yang menarik tentang produk/layanan.
  4. Pelatihan manajemen wilayah penjualan: pelatihan ini untuk membagi wilayah dengan memprioritaskan pelanggan dan prosepek saat ini  untuk meningkatkan produktivitas.




Kemudian tahap pelatihan selling skill selanjutnya adalah untuk memenangkan penawaran meliputi perencanaan dan strategi, memahami kebutuhan, mengarahkan konsensus, nilai posisi, bercerita, menyelesaikan keberatan, menyajikan secara efektif, menjual dengan tim dan bernegoisasi sebagai penutup. Adapun program pelatihan selling skill-nya yaitu: 

  1. Strategi pengejaran disengaja: penjual mempelajari proses berulang untuk memperluas hubungan pelanggan dan memanfaat keberhasilan sebelumnya.
  2. Pelatihan bercerita: penjual belajar menyajikan informasi yang menggunakan cerita untuk membuat posisi mereka mudah dipahami dan diingat.
  3. Menjual dengan wawasan: penjual belajar untuk membantu pelanggan dalam mengklarifikasi menggunakan wawasan yang menghubungkan solusi dengan keunggulan kompetitif pelanggan.
  4. Penjualan tim: penjual belajar untuk mengatur presentasi penjualan yang mencakup ahli subjek untuk menambah nilai bagi pelanggan.
  5. Negoisasi konsultatif: penjual belajar secara konsisten melaksanakan negoisasi win-win dengan menyelesaikan keberatan di seluruh proses penjualan.




Kemudian tahap terakhir, pelatihan selling skill untuk menumbuhkan akun termasuk menjadi penasihat tepercaya, membangun hubungan dan memperluas akun. Adapun program pelatihan selling skill-nya yaitu:

  1. Strategi akun sejahtera: penjual mempelajari metode yang konsisten untuk mengidentifikasi peluang untuk memperluas akun dengan terlibat sejak awal dalam proses pengambilan keputusan.
  2. Pelatihan penasihat tepercaya: penjual belajar membangun kepercayaan untuk menjadi penasihat tepercaya dan melindungi daru ancaman persaingan.
  3. Pelatihan layanan pelanggan luar biasa: penjual belajar mengambil kepemilikan atas masalah pelanggan untuk menerjemahkannya menjadi peluang penjualan baru.
  4. Sebagus apapun Produk atau jasa, keberhasilan bergantung pada kemampuan seseorang dalam menjualnya. Suatu bisnis akan tumbuh atau gagal dilihat dari keberhasilan produk dan layanan yang diberikan, dan seberapa baik penjual meyakinkan pelanggan untuk membelinya.
  5. Pada dasarnya, semakin banyak hubungan yang dibangun penjual, semakin banyak pelanggan yang dimiliki, dan semakin banyak penjualan. Proses penjualan harus disesuaikan dengan pengiriman produk dan layanan yang baik, para penjual harus memiliki komunikasi yang baik.   





***

Sumber Referensi


Richardson. (t.thn.). 6 critical selling skills. Dipetik april 25, 2020, dari Richardson the power to sell: htttps://richardson.com/sales-resources/critical-selling-skills


Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai Kompensasi, Balance ScoreCard dan Penilaian Kinerja Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar pertanyaan Bagaimana menyusun penilaian kinerja dalam bsc, siapa saja pihak terlibat, bagaimana mekanismenya? Apa itu improshare dan apakah ada rumus dasarnya ? Bagaimana melakukan penilaian kinerja terkait internal perspective pada saat pendemi covid-19 seperti ini? apakah ada alternatif lain pengganti kompensasi yang bisa digunakan jika suatu organisasi tidak cocok dalam menerapkan sistem kompensasi? Bagaimana contoh dari penerapan jenis imbal jasa intrinsic reward? Apa faktor penilaian tinggi rendahnya kompensasi dalam perusahaan yang belum go public ? Di dalam balanced scored card terdapat perspektif keuangan yang tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan para pemegang saham, tetapi pada kenyataannya manajer juga mempunyai kepentingan untuk dirinya seperti mempertahankan jabatan atau menaikkan tingkat gaji. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisir konflik tersebut di dalam perusahaan ? Apakah adanya kompensasi akan meningkatkan kinerja perusahaan?

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Kebijakan Dividen Pasar Modal | Pixabay Daftar pertanyaan: 1.       Kita ketahui bahwa dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang memilik pengaruh yang sangat besar terutama di perekonomian karena dapat dilihat bahwa fakta dilapangan bahwa banyaknya Perusahaan “Merumahkan” pegawainya yang tentunya di lakukan untuk memangkas biaya agar perusahaan tetap jalan di kondisi seperti ini, dilihat dari situasi menurut anda bagaimana perusahaan menanggapinya dalam hal kebijakan dividen? Apakah menahannya sebagai investasi? Atau tetap membagikan dividen bagaimana perusahaan menyikapinya? namun kita ketahui bahwa kegiatan operasional juga terganggu yang mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. 2.       Diantara stock dividen dan stock split mana yg lebih menguntungkan perusahaan? 3.       Faktor apa saja yang mempengaruhi penentuan kebijakan dividen? 4.       Jika perusahaan t er s e b ut menghasilkan laba yang sangat besar, namun di

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya Untuk Pengambilan Keputusan Strategik Produk Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Apa saja masing-masing kekurangan  dari cost best pricing dan target costing dan adakah cara menangani kekurangannya? Apakah target biaya akan membatasi desain produksi perusahaan? Bagaimana mengatasinya? Menurut pendapat kalian kebijakan atau cara apa yang harus dilakukan perusahaan  untuk menurunkan biaya produksi tanpa mengurangi nilai dari produk sesuai dengan penerapan rekayasa nilai dijelaskan kelompok kalian tadi, sehingga tidak mengurangi besarnya jumlah pelanggan yg membeli produk tersebut. Proses penggunaan Target costing di awali dengan penentuan harga jual yang berlaku dipasar, lalu bagaimana jika perusahaan memproduksi barang differential dan sulit di tentukan harga jualnya?  Apakah target costing masih dapat digunakan? ada dua cara dalam menurunkan biaya hingga ke tingkat biaya yang dikehendaki,dari kedua cara tersebut cara mana yg paling efektif untum mempercepat penurunan biaya? apakah teori kendala dinilai efektif utk pengambilan keputusa

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Merger, Divestitures, Holding Companies, and LBOs

Daftar Pertanyaan:  Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum suatu merger dilakukan? Apakah memungkinkan apabila merger dilakukan malah menghasilkan perusahaan yang nilainya lebih kecil daripada sebelum merger? Apakah ada biaya lain selain biaya konsultan dan biaya koordinasi yang dikeluarkan untuk melakukan merger? Terdapat beberapa kelemahan dari merger mengenai biaya seperti mahalnya biaya konsultan dan biaya koordinasi. Bagaimana cara mengatasi atau meminimalisirkan kelemahan merger dari segi cost atau biaya?  Pada tahun 2008 terjadi merger antara Bank Niaga dan Bank Lippo menjadi bank CIMB Niaga, menurut kalian apakah motif dari merger tersebut? Dan sebutkan alasannya. Terdapat 3 metode dalam merger mana yang terbaik dari 3 tersebut?  Terdapat beberapa jenis merger salah satunya disebtkan yaitu konglomeret, nah apa alasan perusahaan melakukan jenis merger tersebut, dan apakah alasan tersebut tidak bisa dilakukan dengan jenis merger lain? Pada tabel kelebihan melaku

Pertanyaan Mengenai Pendanaan Jangka Panjang (long term debt) Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan: Apabila sebuah perusahaan baru masuk lantai bursa saham dan ingin menerbitkan saham baru. Jasa lembaga penjamin apa saja yang dapat menjamin bahwa saham tersebut ternyata laku terjual semua di pasar dan bagaimana jika saham tersebut ternyata tidak laku di pasar? Apa tindakan yang dilakukan perusahaan penjamin? Jelaskan manfaat dari warrant dan adakah resiko dari warrant tersebut ! Menurut kamu jika memiliki sebuah perusahaan lebih baik menerbitkan saham preferen atau saham biasa? Adakah hubungan antara Time value of money dengan long term debt? Jika ada jelaskan apa hubungannya? Kemudian jika perusahaan mengalami kebangkrutan, hutang mana yang didahulukan untuk dilunasi, hutang jangka panjang atau hutang jangka pendek? Dari semua jenis pendanaan jangka panjang, pendanaan jangka panjang manakah yang paling baik bagi seorang investor dalam artian paling memberikan manfaat dan paling kecil risikonya? Berikut dengan penjelasan mengenai alasan memilih jenis pe

Pertanyaan Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Strategik - Pelanggan Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelanggan saat perekonomian sedang menurun sehingga sulit untuk mendapatkan profit?  Bagaimana cara menanganinya? Sebutkan dan jelaskan contoh penerapan CLV di Indonesia. Apa hubungan customer profitability analysis dan customer lifetime value dengan akuntansi manajemen?  Jenis perusahaan seperti apa yang banyak menggunakan metode CLV dan apa saja kelebihan yang dimiliki metode CLV dibandingkan metode lainnya?  Dari 4 cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas, manakah cara yang paling efektif? Apakah bisa dua cara atau lebih dilakukan bersamaan oleh perusahaan untuk meningkatkan profitabilitasnya?  Apa perbedaan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan metode ABC dan dengan CLV?  Dalam analisis terhadap pelanggan dengan menggunakan Costumer lifetime value (clv), kriteria apa saja yang harus ada supaya bisa berjalan baik. Bagaimana melakukan analisis profitabilitas pelang

Contoh Soal SKPD dan PPKD Lengkap Dengan Jawabannya

AKUNTANSI  PEMERINTAH KOTA SYAWAL Pemerintah Kota “Syawal” memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni SKPD “A”. Berikut adalah Neraca Awal dari SKPD “A”. Neraca awal SKPD A Selama bulan Januari 2016 terdapat transaksi-transaksi di SKPD “A” sebagai berikut:  Pada tanggal 1 Januari 2016 untuk SKPD “A” ditetapkan bahwa  Estimasi Pendapatan adalah sebesar Rp 65.000.000,-  Apropriasi Belanja dianggarkan adalah sebesar Rp 80.000.000,- Tanggal 2 Januari 2016, Bendahara Umum Daerah (BUD) menerbitkan Surat  Perintah Pencairan Dana - Langsung (SP2D-LS) Gaji sebesar Rp 70.000.000,- dengan rincian sebagai berikut : a. Gaji Pokok Rp 45.000.000,- b. Tunjangan Keluarga Rp 15.000.000,- c. Tunjangan Jabatan Rp 10.000.000,- Tanggal 3 Januari 2016 Bendahara Pengeluaran mengajukan Surat Permintaan Pembayaran -Uang Persediaan (SPP-UP) sebesar Rp 10.000.000,- kepada Pengguna Anggaran (PA) melalui Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK-SKPD). Pada hari y

Pengertian Harga Transfer, Tujuan, Metode, Penetapan Harga dan Administrasi Harga Transfer Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan 1. Pengertian harga transfer 2. Tujuan Harga Transfer 3. Metode-metode Harga Transfer Prinsip Dasar Situasi Ideal Hambatan-hambatan dalam perolehan sumber daya 4. Penetapan Harga Jasa Korporat Pengendalian atas jumlah jasa Pilihan Penggunaan Jasa 5. Administrasi harga transfer Negosiasi Arbitrase dan penyelesaian konflik Klasifikasi produk Transfer Pricing | Pixabay Pengertian harga transfer   Menurut Tsurumi dan Gunadi (1997) , dalam suatu grup perusahaan, transfer pricing merupakan harga yang diperhitungkan untuk pengendalian manajemen (management control) atas transfer barang dan jasa dalam satu grup perusahaan.   Menurut Charles T. Horngren, George Foster dan Srikant Datar dalam akuntansi biaya, harga transfer merupakan harga yang dikenakan oleh satu subunit (segmen, departemen, divisi dan sebagainya) untuk produk atau jasa yang dipasok ke subunit lain dalam organisasi yang sama.   Menurut Ralph Estes dalam ka

Pengertian Leverage By Out (LBO), Kelemahan dan Kelebihan Serta Contoh LBO Lengkap Dengan Penjelasannya

Daftar Pembahasan Pengertian LBO  Kelemahan dan Kelebihan LBO Contoh LBO LBO Contract | Pixabay Pengertian LBO  LBO (Leverage by out) adalah akuisisi/pembelian perusahaan atau divisi bisnis yang teknik pembiayaannya sebagian besar bersumber dari hutang. Namun juga dapat dikombinasikan dengan kas dan saham. Dalam hal ini jika perusahaan pengakuisisian tidak cukup memiliki kas maka pengakuisisian harus mencari sumber dana dari pihak ketiga dalam berhutang. Dengan demikian LBO merupakan pembelian perusahaan secara tunai tetapi sebagian besar diperoleh dari pinjaman atau hutang. Perusahaan yang berstatus LBO, bekerja dalam kondisi yang berat karena harus membayar hutang sesuai dengam jadwal pelunasan secara teoritis perusahaan memiliki risiko kebangkrutan yang tinggi karena proporsi hutang yang dimiliki sedemikian besar dibanding dengan sendiri. Sebaliknya jika LBO berhasil, maka perusahaan yang berstatus LBO ini akan dapat mengembalikan hutang-hutangnya sekaligu

Pertanyaan Mengenai Strategy MAP dan Balance ScoreCard Lengkap Dengan Jawabannya

Daftar Pertanyaan pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang amat penting bagi perusahaan dan dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Apakah ada faktor lain selain pengukuran kinerja yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan? Jika ada, tolong jelaskan! Apa saja kekurangan dan kelebihan pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard bagi perusaan? balance scorecard terkait perspektif bisnis internal mengenai proses terkait hukum, lingkungan dan sosial. Untuk penilaian terhadap aspek dalam proses tersebut apakah ada kaitannya dengan aspek penilaian laporan keberlanjutan yang ditetapkan oleh Global Reporting Intiative (GRI) ? Alternatif tindakan apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperbaiki struktur biaya ? Jelaskan mengapa Balanced Scorecard sangat penting bagi sebuah perusahaan! Dan jelaskan apa yang dim